SEPUTAR OPTIMASI SEBUAH WEB / BLOG

Unknown | 08:05 |
Duta Blog
DUTA BLOG pada artikel yang ketiga ini akan sedikit membahas tentang seputar Optimasi Blog yang menjadi kunci utama kesuksesan sebuah blog (menurut DUTA BLOG) dalam meraih posisi strategis di mata search engine. Optimasi blog ini wajib dilaksanakan dalam upaya untuk mengembangkan serta memperkuat posisi sebuah blog di mata search engines terutama Google Search Engines yang memang merupakan raja search engines dunia.

Banyak sudah yang membahas tentang seputar optimasi blog ini, mulai dari cara-cara optimasi blog yang sederhana sampai dengan cara-cara optimasi blog yang cenderung rumit serta membingungkan. Baik cara-cara yang sederhana maupun cara-cara yang rumit semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu agar website/blog yang kita miliki dapat memperoleh peringkat atau kedudukan terhormat dalam search engine utamanya Google search engine, atau secara singkat dapat disebutkan dengan "masuk pada halaman pertama (10 besar) pencarian halaman dengan Google search". Posisi ini sangat-sangat diperebutkan oleh para webmaster atau pemilik blog.

Berikut ini adalah langkah-langkah optimasi blog secara sederhana yang mudah untuk dilaksanakan, sebagi berikut  :

Pertama, merubah serta menata ulang struktur kombinasi head dan meta-tag (meta description dan meta keyword) blog sehingga dapat menjadi lebih SEO friendly.

Kedua
, mengoptimasi semua gambar-gambar yang ada pada postingan blog (dengan 'alt' dan 'title') sehingga dapat dengan mudah terbaca oleh Google-bot, karena Google bot tidak dapat membaca gambar.

Ketiga, menghilangkan serta membuang semua broken-link yang ada pada blog milik kita, termasuk memperkecil jumlah out-bond link yang tidak perlu.

Keempat
, menghilangkan widget i-shoutbox (atau feedjit) semata-mata demi memperingan loading blog, serta untuk menghindari komentar-komentar yang bersifat spam. Untuk fungsi i-shoutbox itu sendiri sebenarnya telah tergantikan dengan adanya kotak komentar yang biasanya tersemat pada bagian bawah masing-masing postingan, selanjutnya fungsi feedjit dapat digantikan dengan counter-flag yang lebih ringan.

Kelima, menata ulang linkout kepada blog-blog lain (sahabat), artinya hendaknya kita selektif dalam memasang link-out atau banner sahabat, jangan sampai kita hanya memasang banner-blog sahabat (yang artinya kita telah memberikan backlink kepada mereka), namun sebaliknya banner blog kita tidak terpasang pada blog-blog mereka.

Demikianlah sepintas proses optimasi blog secara sederhana ini, dan pada kesempatan lain akan dibahas secara lebih mendalam dengan topik SEO onpage, semoga dapat memberikan manfaat.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di DUTA BLOG

3 komentar:

  1. Sekedar saran aja, perlu ditambahkan tentang setting Robot.txt dan Robot Header Tags.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan anda, silahkan berkunjung kembali

      Delete
  2. Mantap, bisa langsung dipraktekkan ......

    ReplyDelete